Kamis, 17 Oktober 2013

Resistor




RESISTOR ( TAHANAN )
Resistor atau yang disebut tahanan atau penghambat, adalah suatu komponen elektronika yang memberikan hambatan terhadap perpindahan electron (muatan negative). Resistor disingkat dengan huruf “R” (huruf R besar). Satuan resistor adalah ohm, yang menemukan adalah George Ohm (1787-1854), seorang ahli fisika dari jerman.
Kemampuan resistor untuk menghambat disebut juga resistansi atau hambatan listrik. Besar diekspresikan dalam satuan ohm. Suatu resistor dikatakan memiliki hambatan satu ohm apabila resistor tersebut menjembatani beda tegangan sebesar satu volt dan arus listrik yang timbuk akibat tegangan tersebut sebesar satu ampere, atau sama dengan sebanyak 6.241506 x 1018 elektron per detik mengakir terhadap arah yang berlawanan dari arus.
Jenis resistor
Berdasarkan penggunaan , resistor dapat dibagi menjadi empat bagian sebagai berikut.
1.   Resistor biasa (tetap nilainya) adalah sebuah resistor penghambat gerak arus yang nilainya tidak dapat dirubah, jadi selalu tetap (konstan). Resistor ini biasanya terbuat dari nikelin atau karbon. 
2. Resistor berubah (variable) adalah sebuah resistor yang nilainya dapat berubah-rubah dengan jalan menggeser atau memutar toogle, sehingga nilai resistor dapat kita tetapkan sesuai dengan kebutuhan. Jenis resistor ini dibagi menjadi dua, yaitu potensio rheostat dan trimport (trimer potensiometer) yang biasanya menempel pada papan rangkaian (PCB).
3.  Resistor NTC dan PTC. Resistor NTC (Negative Temperature Coefficient) adalah jenis resistor non linier yang nilai hambatannya terpengaruh oleh perubahan suhu. Makin tinggi suhu yang mempengaruhi makin kecil nilai hambatannya. Resistor PTC (Positive Temperature Coefficient) adalah jenis resistor non linier yang nilai hambatannya terpengaruh oleh perubahan suhu. Makin tinggi suhu yang mempengaruhi makin besar nilai hambatannya. 
4.     LDR (Light Dependent Resistor) adalah jenis resistor yang berubah hambatannya karena pengaruh cahaya. Bila cahaya gelap, nilai tahanannya semakin besar, sedangkan bila cahayanya terang nilainya menjadi semakin kecil.
Resistor biasa

Resistor variable
NTC
PTC
Potensiometer

LDR

1 komentar: